Cara Perawatan Mobil Matic

Cara Perawatan Mobil Matic – Kecanggihan teknologi yang semakin hari kian maju, membuat produksi mobil berkembang pesat. Sebagian besar produksi mobil jaman sekarang telah banyak yang memakai transmisi matic.

Mobil matic banyak memberikan manfaat kepada para pengemudinya, bukan hanya memberikan kenyamanan, para pengemudi juga jelas memperoleh kemudahan dalam hal pengolahan transmisi. Mereka tidak perlu lagi ribet memindahkan tuas transmisi seperti layaknya mobil manual. Tetapi dibalik kelebihannya, ternyata mobil matic juga mempunyai kelemahan. Salah satunya adalah mobil matic sangat rentan kerusakan, terutama dibagian mesin atau juga pada transmisi.

Apabila mobil matic telah mengalami kerusakan, biasannya biaya untuk perbaikan mobil matic jauh akan lebih mahal apabila dibandingkan dengan mobil yang bertransmisi manual. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki mobil matic sebaiknya selalu merawat mobil matic Anda supaya tidak mengalami masalah serius nantinya.

Berikut ini Honda Mobil Samarinda akan mengulas mengenai cara perawatan mobil matic yang wajib Anda jalani supaya mobil tetap awet dan nyaman dikendarai.
Cara perawatan mobil matic

1. Lakukanlah uji jalan

Lakukan uji jalan mobil matic Anda setiap beberapa bulan sekali. Caranya yakni jalankan mobil Anda seperti biasa, kemudian coba pindahkan perseneling. Langkah ini harus Anda rasakan juga cermati dengan seksama, apabila dalam perpindahan perseneling tersebut mengeluarkan suara bising dan mobil matic Anda sedikit tergoncang, maka ada kemungkinan kalau mobil Anda ada masalah pada bagian transmisi. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka segera bawa mobil matic Anda kebengkel langganan Anda guna melakukan perbaikan, karena di mobil matic transmisi merupakan bagian yang sangat vital.

2. Ganti oli dengan teratur

Melakukan ganti oli secara teratur sangatlah penting dalam perawatan mobil matic atau pun transmisi manual juga. Apalagi apabila mobil matic Anda sering keluar kota, jadi swajib Anda mengecek kondisi oli mobil. Apabila Anda mengabaikan dalam penggantian oli, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan dibagian system transmisi mobil. Pakai oli yang khusus untuk mobil matic yang disebut juga automatic transmision fluid. Untuk rekomendasi dalam pergantian oli ialah setiap jarak tempuh 80.000 KM sampai 100.000 km.

3. Panasi mesin mobil sebelum bepergian

Terdengar sepele, akan tetapi jika mengabaikannya, nantinya akan menjadikan mesin mobil matic Anda sedikit terganggu. Lakukanlah pemanasan disetiap pagi sebelum Anda berangkat kerja. Dan pastikan tuas transmisi mobil berada di posisi N ketika mesin mobil dipanasi.

4. Teliti dalam menggunakan perseneling

Teliti disaat menggunakan perseneling.hindari menggunakan perseneling ā€˜Pā€™ ketika keadaan mobil matic belum benar benar berhenti, karena apabila hal tersebut dilakukan dengan terus menerus akan menjadikan kerusakan dibagian perseneling mobil . Hindari memasukkan perseneling ‘D’ ketika Anda memarkirkan mobil, apabila hal ini dilakukan secara terus terusan maka akan mengakibatkan kopling mobil rusak. Untuk itu, pastikan tuas transmisi berada diposisi P pada saat Anda memarkirkan mobil matic.

Untuk Anda yang sedang mempunyai mobil matic baru. Sebaiknya Anda membaca buku panduan mengenai mobil matic yang berisikan cara perawatan mobil matic yang benar sesuai dengan panduan dari ahlinya. Intip Harga Honda CR-V Samarinda

Baca juga : Tips Perawatan Mobil Supaya Awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *